Sabtu, 13 September 2008

Bluefin Tuna

Bluefin Tuna

Ini merupakan salah satu ikan yang sangat saya kagumi! Luar biasa! Allah SWT menciptakan mereka dengan ukuran yang luar biasa besar (panjang sampai 2,5 m dan berat mencapai 400 kg), dan merupakan salah satu ikan bertulang belakang dengan ukuran terbesar.

Dikenal tiga spesies Bluefin Tuna (northern blue fin: Thunnus thynnus; southern bluefin tuna: Thunnus maccoyii; pasific bluefin tuna: Thunnus orientalis). Spesies tuna ini merupakan salah satu keluarga Scombridae yang mempunyai bentuk serupa torpedo (streamline) dan merupakan ikan yang melakukan migrasi sepanjang tahun. Ciri lain yang dimiliki spesies ini adalah memiliki sirip ekor (cauda) yang sangat panjang sebagai alat pergerakan utama, sementara sirip dada (pectoralis), punggung (dorsalis) dan anus (analis) berukuran relatif pendek. Bluefin tuna disebut demikian karena pada bagian punggung hingga pangkal sirip ekornya (bukan tepat pada sirip ekornya, karenapada spesies dewasa sirip ekornya berwarna kuning) terdapat warna biru-kehitaman. Makanan utama dari bluefin tuna ini adalah beragam ikan kecil, chepalopoda, crustacean dll.
Sebagai renungan, kita manusia sudah selayaknya bersyukur lantaran kita tidak perlu susah-susah memberi makan ikan-ikan ini, akan tetapi kita tinggal menangkap dilaut saja. Dasar manusia serakah, penangkapan besar-besaran dan berlebih serta illegal fishing membuat jumlah populasi ikan ini dalam ambang mengkhawatirkan (over fishing). Nah lho... padahal kita yang mempunyai luasan laut yang luar biasa besar ini jarang menikmati ikan ini kok bisa sudah over fishing ya? Itu lantaran perbuatan manusia-manusia tak tahu diri yang hanya mementingkan isi perut mereka sendiri!

Peran pemerintah? Yah...kita doakan sebelum ikan-ikan ini habis dijarah, pemerintah bisa berbuat lebih banyak sehingga pada akhirnya nanti anak-cucu dari bangsa ini sempat menikmati gurihnya daging ikan ini, hehe...

Tidak ada komentar: