Sabtu, 13 September 2008

Perluasan Masjidil Haram


Assalamu'alaikum!!

Masjidil Haram dari citra satelit

Tadi pagi pas saya baca majalah 'Techno Konstruksi' terbaru (Ed.5/Th.I/Sept 2008), saya tertarik pada satu artikel yang mengulas tentang perluasan yang dilakukan kerajaan Saudi Arabia terhadap Masjidil Haram. Perhatian yang sangat besar diberikan oleh kerajaan terhadap masalah ini lantaran mereka ingin dapat memberikan yang terbaik bagi para tamu Allah.





Masjidil Haram dengan latar belakang hotel milik kerajaan

Masjidil Haram yang terkenal dengan kemegahan dan keindahannya, tampaknya semakin tidak mencukupi untuk menjamu para tamu Allah terutama saat puncak musim haji. Hal ini dikarenakan jumlah jamaah haji terus mengalami peningkatan dari tahun-ketahun. Masjid yang berlantai marmer dingin, tiang-tiang yang kokoh dan tinggi serta atap yang indah, yang dilengkapi dengan ornamen, lampu gantung dan ukiran kaligrafi tampaknya akan terus menarik umat muslim dipenjuru dunia untuk terus datang menjadi tamu Allah. Kesyahduan masjid ini semakin lengkap dengan hadirnya sembilan menara yang berdiri perkasa setinggi masing-masing 89 m.

Kemegahan dan keindahan Masjidil Haram

Ketika memasuki bangunan masjid yang mempunyai 95 pintu dan setiap lantainya ditopang oleh 530 tiang, kita akan semakin tertegun dengan ka'bah berjubah hitam yang menjulang tinggi 14 m dipelataran terbuka ditengah-tengah orang yang sedang tawaf mengelilinginya.
Masjidil Haram, yang merupakan salah satu masjid terbesar didunia selain megah juga sangat luas, dimana masjid ini terdiri dari tiga lantai (lantai dasar, lantai dua dan lantai atap serta lantai bawah tanah). Masing-masing luas lantainya mencapai 19.000 m2 dan berbentuk tidak simetris.
Jika ditambah pelataran diluar bangunan dan ditengah-tengah Masjidil Haram, luasnya mencapai 278.000 m2 dan mampu menampung 700.000 jamaah. Jika masih ditambah areal pasar kecil, areal timur Mas'a di Qasyasyiyah dan arteal di arah Asyamyah sekitar 88.000 m2, maka kapasitas tampung total Masjidil Haram mencapai 914.000 jamaah - bahkan sampai satu juta pada puncak musim haji.
Seperti yang saya bilang dimuka, Masjidil Haram semakin tidak mampu menampung banyaknya jamaah! Sebagai data pembanding adalah jumlah jamaah musim haji 2007 yang tercatat mencapai 2,8 juta orang! Dengan demikian bisa kita bayangkan bahwa tidak ada sejengkal tempat-pun disekitar masjid yang tidak terisi oleh jamaah! Subhanallah...


PERLUASAN MASJIDIL HARAM











Cetak biru dan maket rencana perluasan Masjidil Haram

Kerajaan Saudi sangat mendukung rencana perluasan Masjidil Haram. Dana sebesar 70 milyar Riyal (160 triliun Rupiah) telah disiapkan untuk pembangunan proyek pengembangan masjid terbesar dalam sejarah, dimana pengerjaan proyek ini adalah kontraktor termashyur, Bin Laden. Tahun 2007, perluasan masjid dimulai yang diperkirakan dapat meningkatkan kapasitas jamaah hingga 35%, sehingga mampu menampung 3 juta jamaah.
Menurut rencana, Masjidil Haram dirancang akan mampu menampung 10 juta jamaah pada tahun 2020 mendatang. Dalam cetak biru pembangunan kota suci Makkah, kota ini nantnya akan mampu menampung 3 juta penduduk dan 8 juta jamaah yang mendatangi tempat ini.
Demi mewujudkan hajat besar ini, penambahan halaman seluas 380.000 m2 dilakukan disebelah utara (wilayah Shamyah, sehingga pekerjaan ini dikenal dengan proyek Shamyah) dengan menggusur 1000 bangunan. Kompensasi sebesar 6 milyar Riyal telah dialokasikan demi kelancaran proyek. Sebut saja Hotel Sheraton, Hotel Hilton, Hotel Daaruttauhid Intercontinental, Hotel Kindah dan Hotel Makkah akan diratakan.



Bangunan - bangunan yang siap dirobohkan

Proyek Shamyah ini didesain untuk menyediakan tempat sholat yang lebih luas disisi utara Masjidil Haram, dilengkapi dengan sarana transportasi, apartemen, hotel dan segala fasilitas publiknya. Selain proyek ini, masih ada beberapa proyek disekitar Masjidil Haram yang tujuan utamanya adalah untuk memberikan kenyamanan beribadah yang lebih kepada para tamu Allah.
Untuk itu, mari senantiasa kita berdoa semoga apa yang menjadi hajat pemerintah Saudi mampu terlaksana dengan lancar dan selesai sesuai yang diharapkan. Amin...

1 komentar:

Majalah Techno Konstruksi mengatakan...

Sudahkah anda membaca artikel proyek Jembatan Jamarat Mina yang dioperasikan pada musim Haji 2010 lalu?... dan juga artikel proyek Abraj Al-Bait Tower, Mekah "Struktur Menara Beton Tertinggi dengan Jam Terbesar di Dunia"?....kedua artikel tersebut ada dalam majalah Techno Konstruksi No.31 edisi November 2010. jika anda berminat silahkan contact kami atau email ke: technokonstruksi@yahoo.co.id. tks