Kamis, 14 Agustus 2008

Selamat Hari Pramuka!

Assalamu'alaikum...

Masih inget logo tersebut?

Hehe...gak terasa sekarang tanggal 14 Agustus - yang dikenal dengan hari pramuka! Tiba2 aja kenangan saat pramuka dulu balik saat pagi tadi saya lihat adek2 dari SDIT deket sini muter-muter kampung mempenringati Hari Pramuka.
Mungkin sebagian besar dari kita - terutama saat kita mulai masuk SMU - merasa males jika berurusan dengan kegiatan Pramuka ,meski tidak sedikit diantara kita yang terus berusaha keras menghidupkan jiwa kepanduan di Indonesia. Salut!
Mungkin me-refresh ingatan kita sejenak tentang Pramuka...bahwa gerakan ini adalah suatu gerakan kepanduan yang diprakarsai oleh orang luar biasa yang bernama Lord Baden Powell.


Lord Baden Powell

Pria kelahiran 22 Februari1857 ini dari kecil sudah senang dengan sesuatu yang berbau out bound - suatu bentuk belajar apa saja dengan alam. Setelah berkarir dalam dunia militer, pada 1903 beliau menemukan suatu bentuk pelatihan yang 'rada' militer, yang dijadikan pedoman dalam suatu karya yang bertajuk Aids to Scouting (best seller waktu itu) yang nantinya menjadi cikal bakal lahirnya gerakan kepanduan dunia.


Logo Kepanduan Dunia

Di Indonesia sendiri, gerakan kepanduan ini dikenal dengan Gerakan Pramuka dengan logo nasional seperti ini:



Sementara logo siluet tunas kelapa seperti yang ada diatas merupakan logo Gerakan Pramuka yang dibuat oleh Bpk Sunardjo - seorang pensiunan Deptan.
Dengan sejarahnya sendiri, Gerakan Pramuka di Indonesia terus bergeliat ditengah arus globalisasi yang ada. Jika Anda tertarik mengikuti geliat Gerakan Pramuka Indonesia, klik saja di sini.
Akhirnya, selamat hari lahir gerakan pandu dunia!

Tidak ada komentar: